INVENTION: Journal Research and Education Studies
Volume 6 Nomor 2 Juli 2025

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Projek dan Kreativitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Mediasi oleh P5

Hardiansyah, Hardiansyah (Unknown)
Yuli, Asnonik (Unknown)
Pasatrio, RahmanPasatrio (Unknown)
Rachman, Taufiq (Unknown)
Wiyatno, Tri Ngudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2025

Abstract

Pendidikan di era transformasi digital memerlukan perubahan dari pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi berpusat pada siswa. Tantangan utama adalah tidak hanya mentransfer pengetahuan, tetapi juga menumbuhkan motivasi belajar siswa dan mengembangkan karakter serta kompetensi era transformasi seperti kolaborasi dan berpikir kritis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan objek penelitian atau hasil penelitian. penelitian ini akan menggunakan google form untuk kuesioner yang akan dibuat dan disebarkan kepada calon responden yang akan menjadi data penelitian ini dan terkumpul sebanyak 138 sample. Berdasarkan hasil uji penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi belajar siswa, Model Pembelaran Project Based Learning (PjBL) berpengaruh positif dan signifikan terhadap P5, Kreativitas guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar Siswa, Kreativitas Guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap P5, dan P5 berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Motivasi Belajar Siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jres

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Invention invites lecturers, scholars, researchers, and students to contribute the results of their studies and research in fields related to Education, which include textual and field studies with various perspectives, Educational Management, Educational Policy, Educational Technology, ...