Banyaknya isu lingkungan mendorong manajemen memperhatikan citra kinerja lingkungan yang baik gunamenumbuhkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan merupakan persepsi dan reaksi investor terhadap perusahaanyang sebagaimana tercermin dalam harga sahamnya, sehingga nilai perusahaan menjadi gagasan krusial bagiperusahaan sebagai output atas performa manajemen. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh carbonemission disclosure, eco-efficiency, dan biaya lingkungan terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakanmetode kuantitatif dan teknik analisis regresi data panel, serta menggunakan perangkat lunak E-views 12 untukmengolah data. Sampel penelitian ini terdiri dari perusahaan-perusahaan sektor energi yang terdaftar di Bursa EfekIndonesia pada tahun 2021 hingga 2023. Teknik purposive sampling digunakan dalam penelitian ini yangmenghasilkan 24 sampel perusahaan dengan periode 3 tahun dengan jumlah data observasi sebanyak 72 data. Hasilpenelitian ini menemukan bahwa carbon emission disclosure, eco-efficiency, dan biaya lingkungan secara simultanmempengaruhi nilai perusahaan. Secara parsial, carbon emission disclosure dan biaya lingkungan tidak berpengaruhsignifikan terhadap nilai perusahaan. Di sisi lain, eco-efficiencyysecara parsial berpengaruh signifikan negatifterhadap nilai perusahaan. Penelitianiini diharapkan dapat memberikan tambahan informasi yang dapat digunakaninvestor untuk mengambil keputusan investasi. Peneliti menyarankan agar peneliti selanjutnya melihat variabelindependen lainnya yang mungkin dapat mempengaruhi nilai perusahaan dengan mengubah objek penelitian danmenambah tahun penelitian terbaru. Kata Kunci-carbon emission disclosure, eco-efficiency, biaya lingkungan, nilai perusahaan
Copyrights © 2024