eProceedings of Management
Vol. 11 No. 6 (2024): Desember 2024

Pengaruh Environmental, Social, Dan Governance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Digitalisasi Sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Top 100 Perusahaan dengan Laba Tertinggi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022)

Rizqillah, Adelia Syahira (Unknown)
Mahardika, Dewa Putra Khrisna (Unknown)
Riyadh, Hosam Alden (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Nilai perusahaan ialah hasil dari kinerja perusahaan dan mewakili kepercayaan publik terhadap perusahaan. Studiini berupaya mengevaluasi apakah tata kelola lingkungan dan sosial (ESG) memiliki pengaruh terhadap nilaibisnis, dengan digitalisasi bertindak sebagai faktor moderasi. Sampel mencakup 20 perusahaan dengan pendapatantertinggi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode lima tahun dari 2018 hingga 2022, dengantotal 100 observasi. Studi ini menggunakan analisis regresi data panel guna mengukur pengaruh ESG terhadapnilai perusahaan. Selanjutnya, untuk menyelidiki apakah digitalisasi memiliki efek moderasi, studi inimenggunakan teknik analisis regresi moderasi. Studi ini dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak Eviews12. Temuan studi menemukan bahwa ESG dan digitalisasi memiliki sedikit pengaruh terhadap nilai perusahaan,dan tidak ada faktor yang memiliki dampak signifikan terhadap nilai bisnis. Variabel moderasi digitalisasi terbuktitidak efektif dalam memoderasi dampak ESG pada nilai perusahaan. Kata Kunci-environment, social, governance, nilai perusahaan, digitalisasi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

management

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian management. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...