Secara umum dapat di definisi kan bahwa nilai Perusahaan merupakan tingkat keberhasilan suatu perusahanyang atau gambaran kondisi suatu Perusahaan yang dicapai jajaran perusahaan dalam mengelola sumberdaya Perusahaan yang dijadikan acuan bagi Masyarakat dalam menilai Perusahaan tersebut atau menjadiindikator bagi investor dalam mengambil keputusan investasi. Perusahaan yang memiliki nilai perusahaanyang tinggi tentunya memiliki banyak manfaat atau keuntungan bagi perusahaan itu sendiri, salah satunyaadalah mudahnya akses untuk memperoleh pembiayaan dari pasar modal maupun lembaga keuangan,ataupun perusahaan mendapatkan harga jual yang tinggi ketika sewaktu-waktu perusahaan dijual atau dimerger. Nilai perusahaan merupakan factor yang penting, karena dengan tinggi atau rendahnya nilaiperusahaan akan mempengaruhi persepsi pihak eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruhsimultan dan parsial leverage, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan padaperusahaan sektor kesehatan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022. Metode yangdigunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif, sampel penelitian diambil dengan menggunakanpurposive sampling dan diperoleh 16 perusahaan selama 5 tahun, sehingga menghasilkan sampel sebanyak80 sampel penelitian. Analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi datapanel dengan menggunakan Eviews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa leverage, profitabilitas, danukuran perusahaan berpengaruh secara simultan terhadap nilai perusahaan. Secara parsial, variabelleverage, profitabilitas, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perushaaan. Saran untukpenelitian selanjutnya adalah disarankan untuk menambah sampel penelitian atau periode penelitiansehingga diharapkan hasilnya sejalan dengan hipotesis. Bagi perusahaan, apabila ingin mempertimbangkannilai perusahaan maka memperhatikan variabel-variabel lain selain variabel tersebut diatas. Bagi investorapabila ingin meningkatkan nilai perusahaan maka memperhatikan variabel-variabel lain selain variabeltersebut diatas. Kata Kunci- pengaruh leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan
Copyrights © 2024