eProceedings of Management
Vol. 11 No. 6 (2024): Desember 2024

Pengelolaan Konten Digital dalam Membangun Brand Awareness Melalui Instagram Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten

Prasetia, Michael Yudhi (Unknown)
Mukhlisiana, Lusy (Unknown)
Aziz, Rifqi Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Perkembangan digitalisasi secara global telah memberikan dampak signifikan terhadap bidang informasi dankomunikasi, memungkinkan masyarakat untuk dengan mudah mengakses informasi melalui internet. Terutama,perkembangan media sosial seperti Instagram telah menjadi salah satu alat utama dalam upaya membangun kesadaranmerek (brand awareness) bagi perusahaan dan institusi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimanapengelolaan konten digital pada Instagram dapat membangun brand awareness untuk Cabang Dinas Pendidikan danKebudayaan Provinsi Banten Wilayah Kota Cilegon, Kota Serang, dan Kabupaten Serang (KCD Seragon). Pendekatanyang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Datadikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptifkualitatif. Kajian teoritis mencakup teori-teori dari para ahli seperti David Aaker tentang branding serta teorikomunikasi digital dari McQuail menjadi dasar utama dalam analisis ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwapemanfaatan berbagai fitur Instagram seperti feeds, instastory dan mentions berperan signifikan dalam membangunbrand awareness. Selain itu, interaksi dengan audiens melalui comment dan like meningkatkan engagement. Kontenyang konsisten dan relevan, serta penggunaan visual yang menarik, membantu memperkuat citra merek. Strategi iniberhasil meningkatkan jumlah pengikut dan interaksi pada akun @kcd_seragon. Dengan demikian, penelitian inimemberikan kontribusi dalam pemahaman tentang bagaimana institusi pendidikan dapat memanfaatkan digitalbranding untuk membangun brand awareness. Kata Kunci-brand awareness, Instagram, KCD Seragon, konten digital

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

management

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian management. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...