JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 15 No 3 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Efektivitas Permainan Tradisional Dakon terhadap Pemahaman Konsep Penjumlahan dan Pengurangan Peserta Didik Kelas II SDN Karangtanjung

Dwi Nandini Novi Asri (Unknown)
Wahyu Maulida Lestari (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2025

Abstract

Dilihat dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada bulan Oktober hingga Desember 2024, ditemukan bahwa peserta didik kelas II di SDN Karangtanjung mengalami kesulitan dalam mengoperasikan hitungan penjumlahan dan pengurangan. Kesulitan ini diduga disebabkan oleh kurangnya pemahaman dasar tentang konsep penjumlahan dan pengurangan, metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Tujuan dari penelitian ini yakni menganalis keefektifan permainan tradisional dakon dalam pemahaman konsep matematika peserta didik, Jenis penelitian ini yakni penelitian eksperimen menggunakan desain One Group Pretest Posttest. Uji Paired sample test yang menunjukkan nilai signfikansi sebesar 0,000 yang berarti terdapat perbedaan signifikansi antara hasil pretest dan posttest dengan nilai rata-rata perbedaan antara pretest dan posttest sebesar 41,15 yang artinya terdapat perbedaan signifikan dan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan skor. Hasil uji normalitas dengan Shapiro-Wilk juga menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Hasil uji menunjukkan nilai rata-rata N-Gain mencapai 0,7636 yang termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini menyatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan permainan tradisional dakon dinyatakan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...