Kondisi stres yang terjadi terus menerus memiliki banyak dampak negatif terutama bagi seorang ibu rumah tangga. Oleh karena itu, diperlukan intervensi yang tepat melalui psikoedukasi agar dapat mengelola stress dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas psikoedukasi dalam meningkatkan pemahaman ibu rumah tangga mengenai manajemen stress. Hipotesis dalam penelitian ini terdapat pengaruh psikoedukasi terhadap pemahaman ibu rumah tangga mengenai manajemen stress, di mana terdapat perbedaan pemahaman manajemen stress sebel dan setelah pemberian psikoedukasi. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen pretest and posttest group design. Pengukuran dilakukan menggunakan skala dalam bentuk pertanyaan. Hasil analisis menggunaoan paired sample T-test yang menunjukkan terdapat pengaruh signifikan t= -10.357 dengan nilai sig. <0.001 (p<0.01). Artinya psikoedukasi manajemen stress pada ibu rumah tangga berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman peserta sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima. Kata Kunci: Masyarakat, Pengabdian Masyarakat, Budaya Islam, Pemberdayaan Masyarakat
Copyrights © 2025