Perkembangan teknologi dan digitalisasi menuntut pembelajaran literasi di sekolah menengah untuk lebih kontekstual dan aplikatif. Artikel ini membahas penerapan ekonomi kreatif sebagai pendekatan penguatan literasi bahasa Indonesia di SMA IT Assalam Martapura. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi strategi guru dalam merancang pembelajaran berbasis proyek serta menilai dampaknya terhadap keterampilan literasi dan kesadaran bisnis siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara dengan guru, observasi kelas, serta analisis dokumen berupa RPP dan hasil karya siswa (poster digital, artikel ulasan, dan video promosi). Analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi proyek ekonomi kreatif meningkatkan keterampilan menulis persuasif, literasi digital, dan pemahaman siswa tentang promosi produk lokal. Evaluasi guru menunjukkan 80% siswa mengalami peningkatan dalam kemampuan menulis teks iklan, 70% siswa kreatif dalam desain poster digital, dan 60% siswa tertarik pada peluang usaha berbasis media sosial. Temuan ini memperkuat penelitian sebelumnya bahwa pembelajaran berbasis proyek kreatif efektif meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan abad ke-21. Pendekatan ini direkomendasikan untuk diimplementasikan secara lebih luas dengan dukungan teknologi dan kolaborasi dengan UMKM lokal.
Copyrights © 2025