ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian ikan hias di Toko Kiel Aquarium, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Data primer dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi, dengan jumlah responden sebanyak 60 orang dengan menggunakan teknik accidental sampling. Analisis data dilakukan dengan uji statistik (uji analisis regresi linear berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian ikan hias adalah faktor budaya (X1), faktor sosial (X2), faktor pribadi (X3), dan faktor psikologi (X4). Pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian ikan hias di Toko Kiel Aquarium secara simultan dari variabel X1, X2, X3, dan X4 adalah sebesar 48,3%. Kata kunci : perilaku konsumen, keputusan pembelian, ikan hia, Toko Kiel Aquarium
Copyrights © 2025