JURNAL MUTIARA MANAJEMEN
Vol 9 No 1 (2024): Jurnal Mutiara Manajemen

PERAN KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN MAHASISWA BARU MELALUI MEDIA PROMOSI UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Sihombing, Mega Ulva Sari (Unknown)
Napitupulu, Evi Enitari (Unknown)
Harefa, Hilda Syaf’aini (Unknown)
Harefa, Stephen Boy (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2025

Abstract

Dunia pendidikan saat ini semakin pesat menggunakan perkembangan teknologi dan informasi yang semakin canggih sehingga berpengaruh terhadap berbagai aspek, diantaranya aspek pemasaran dibidang Pendidikan. Strategi pemasaran yang diterapkan oleh para pelaku dunia pendidikan khususnya USM-Indonesia tidak cukup hanya fasilitas atau jasa pengajar yang berkualitas melainkan persaingan uang kuliah yang relavan namun membutuhkan proses komunikasi yang efektif guna membentuk hubungan yang baik antara karyawan dan dosen khususnya calon mahasiswa ataupun orang tua dari mahasiswa Universitas Sari Mutiara Indonesia (USM-Indonesia). Strategi Komunikasi Pemasaran dapat membantu meningkatkan  jumlah mahasiswa baru melalui media promosi online. Dengan menggunakan metode kualitatif secara deskriptif Pengumpulan data dilakukan dengan proses wawancara mendalam dan studi kepustakaan serta dikumentasi dengan rujukan Teori Integrated Marketing Communication. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pihak universitas yaitu pemasaran online, pemasaran langsung baik secara pribadi maupun melali kelompok dan relasi lingkungan. Integrated Marketing Communications baik secara efektif dapat meningkatkan jumlah mahasiswa melalui instagram dan tiktok.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMM

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Sari Mutiara Indonesia berupaya untuk memaparkan pemikiran kritis maupun hasil penelitian yang berpijak kepada eksistensi Ilmu Manajemen menghadapi dinamika ekonomi, bisnis, pemerintah, politik, sosial dan budaya. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Sari Mutiara ...