Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 6 No. 2 (2024): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Wordwall untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII-J UPT SPF SMP Negeri 19 Makassar

Miftahul Rizky (Unknown)
Abdul Muis (Unknown)
Asrah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik dengan menerapkan model discovery learning berbantuan media wordwall di kelas VIII-J UPT SPF SMP Negeri 19 Makassar. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus dalam penelitian terdiri atas 4 tahap penelitian yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Adapun dalam penelitian ini didapatkan hasil bahwa terjadi peningkatan terhadap kondisi awal mulai dari siklus I dan siklus II. Dimana. dari yang kondisi awal motivasi belajar peserta didik dengan kategori rendah sebesar 40% berkurang menjadi 10% pada siklus I, hingga pada siklus II tidak lagi terdapat peserta didik yang memiliki motivasi belajar yang rendah. Disisi lain juga, dari yang yang kondisi awal motivasi belajar peserta didik dengan kategori sedang sebesar 26,67% berkurang menjadi 16,7% pada siklus I, hingga pada siklus II hanya tersisa 6,67%. Tidak hanya itu, pada motivasi belajar peserta didik kategori sangat tinggi juga mengalami peningkatan, dari yang awalnya tidak ada peserta didik yang memiliki motivasi belajar yang sangat tinggi meningkat menjadi 23,33% dan terus meningkat menjadi 63,3% pada siklus II. Sehingga, disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model discovery learning berbantuan media wordwall dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik di kelas VIII-J UPT SPF SMP Negeri 19 Makassar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...