Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan hutan mangrove Panjiwa Sumbermas sebagai sumber belajar IPA terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas VII SMP Misaya Mina Kandanghaur. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain pre-test post-test control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu VII A sebagai kelompok eksperimen dan VII B sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui angket skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.Hasil uji-t menunjukkan nilai thitung = 2,59 dan ttabel = 2,005, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan hutan mangrove sebagai sumber belajar memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan sikap peduli lingkungan siswa. Tiga indikator yang diukur, yaitu tanggung jawab, kebijaksanaan, serta menghargai dan menjaga lingkungan, menunjukkan peningkatan yang lebih signifikan pada kelas eksperimen dibanding kelas kontrol. Kata Kunci: Quasi Experiment, Hutan Mangrove, Sumber Belajar IPA, Sikap Peduli Lingkungan Abstract This study aims to examine the effect of utilizing the Panjiwa Sumbermas mangrove forest as a science learning resource on students’ environmental awareness at SMP Misaya Mina Kandanghaur. The research employed a quasi-experimental method with a pre-test post-test control group design. The sample consisted of two classes: class VII A as the experimental group and class VII B as the control group. Data were collected using a Likert-scale questionnaire that had been tested for validity and reliability. The t-test results showed that the calculated t-value (2.59) exceeded the critical t-table value (2.005), indicating a significant difference between the experimental and control groups. This finding suggests that using mangrove forests as a learning resource has a positive effect on improving students’ environmental awareness. The three measured indicators—responsibility, wisdom, and respect and care for the environment—showed greater improvement in the experimental class compared to the control class. Keywords: Quasi Experiment, Mangrove Forest, Science Learning Resource, Environmental Awareness
Copyrights © 2025