Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Peningkatan Profesionalisme Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di UPTD SMP Negeri 1 Turikale dengan fukos pada aspek kompetensi pedagogic meliputi. Pertama, mengidentifikasi upaya untuk mendukung profesionalisme guru PPKn. Kedua, mengekplorasi faktor -faktor yang mendukung peningatan profesionalisme guru di SMP Negeri 1 Turikale. Ketiga, mengamati persepsi peserta didik terhadap profesionalisme guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Metode pengumpulan data melalui wawancara serta dokumentasi langsung dengan guru dan peserta didik. Penelitian ini di olah mengguanakan analisis data secara deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi dalam program pelatihan dan forum musyawarah guru sangat berkontribusi terhadap peningkatan kompetensi pedagogik dan profesionalisme guru, baik pada guru yang telah sertifikasi maupun guru honorer. Guru yang aktif dalam diskusi dan berbagai pengalaman cenderung lebih siap mengahadapi tantangan dalam mengajar dan mampu menerapkan metode yang lebih efektif, menarik dan inovatif. Selain itu, Perspektif dari peserta didik menunjukkan bahwa mereka menghargai pengajaran yang interaktif dan penggunaan media yang variatif sehingga dapat berkontribusi terhadap pemahaman materi. Penelitian ini di harapkan dapat memberikan rekomendasi bagi pengembangan profesionalisme guru PPKn di masa mendatang.
Copyrights © 2025