Jurnal Tomalebbi
Volume 12, Nomor 2 (Juli 2025)

STUDI TENTANG KETERAMPILAN GURU MENGGUNAKAN VARIASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN PPKN DI KELAS VIII UPT SMP NEGERI 1 BANGKALA

Intang, Ratih Purnama (Unknown)
Mustari, Mustari (Unknown)
Suyitno, Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Keterampilan guru menggunakan variasi dalam proses pembelajaran PPKn di Kelas VIII UPT SMP Negeri 1 Bangkala. (2) Faktor penghambat guru dalam menggunakan variasi pembelajaran pada proses pembelajaran PPKn di Kelas VIII UPT SMP Negeri 1 Bangkala. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data terkait dengan tujuan penelitian ini, maka digunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 5 orang yang terdidi dari 1 Guru PPKn Kelas VIII, Kepala Sekolah dan 3 orang siswa Kelas VIII UPT SMP Negeri 1 Bangkala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru menggunakan variasi dalam proses pembelajaran telah diterapkan oleh guru PPKn Kelas VIII UPT SMP Negeri 1 Bangkala, yang meliputi variasi gaya mengajar (berupa variasi suara, pemusatan perhatian, menggunakan kontak pandang, gerakan badan dan mimik wajah, kesenyapan dan pergantian posisi), variasi penggunaan media dan alat pengajaran (berupa media dan alat pengajaran yang dapat dilihat, didengar dan diraba, seperti handphone dan video pembelajaran) dan variasi pola interaksi (berupa variasi pola guru-murid (komunikasi sebagai aksi/satu arah), pola guru-murid-guru (komunikasi sebagai interaksi) dan pola guru-murid, murid-murid (komunikasi multi arah)). (2) Faktor penghambat guru dalam menggunakan variasi pembelajaran dapat dibagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan ekternal. Faktor internal berasal dari dalam diri guru yang meliputi kurangnya pemahaman dan pengetahuan guru tentang metode pengajaran, kurangnya manajeman waktu guru dan kurangnya keterampilan guru dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran. Sedangkan faktor eksternal berasal dari lingukungan sekitar yang meliputi perbedaan tingkat kemampuan peserta didik, kurangnya rasa percaya diri peserta didik dan kurangnya perhatian siswa dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

tomalebbi

Publisher

Subject

Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Memuat Tulisan yang Menyangkut Pemikiran atau Gagasan Hasil Penelitian Hukum dan Pendidikan Pancasila dan ...