Jurnal Komputer Teknologi Informasi Sistem Komputer (JUKTISI)
Vol. 4 No. 2 (2025): September 2025

Implementasi Metode Service Quality Dalam Mengelola Kritik Dan Saran Di Pustu Desa Medan Sinembah Berbasis Web

Teddy Prasetyo (Unknown)
Chairul Rizal (Unknown)
Ranti Eka Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini mengimplementasikan sebuah sistem informasi berbasis web yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Medan Sinembah dengan memfasilitasi pengumpulan kritik dan saran dari masyarakat secara real-time. Sistem ini dikembangkan untuk mengatasi ketiadaan saluran masukan formal yang menghambat Pustu dalam memahami dan memperbaiki kualitas layanannya. Dengan menggunakan metode ServQual, aplikasi ini memungkinkan masyarakat memberikan penilaian terhadap pelayanan Pustu berdasarkan lima dimensi: tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Data yang terkumpul kemudian dikelola oleh administrator Pustu melalui antarmuka berbasis web, memungkinkan analisis akurat terhadap kualitas pelayanan dan identifikasi area perbaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ini berhasil menyediakan mekanisme yang efisien dan transparan bagi Pustu untuk menerima umpan balik, sehingga mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik dalam upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

juktisi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Education Engineering

Description

Focus dan scope dari JUKTISI (Jurnal Komputer Teknologi Informasi Sistem Komputer) terbit pertama kali pada tahun 2022 yang dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah dari hasil pemikirian yang dituangkan kedalam Jurnal. Jurnal JUKTISI Lembaga Kursus dan Pelatihan Karya Prima terbit 3 (tiga) kali ...