PrimEarly : Jurnal Kajian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini (Journal of Primary and Early Childhood Education Studies
Vol. 8 No. 1 (2025): Juni

Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun Menggunakan Media Permainan Berbasis Loose Part

Nur Laily Zakiyah (Unknown)
Iqbal, Akhmad Iqbal (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan loose parts sebagai media edukasi dalam mendorong kreativitas dan perkembangan kognitif anak usia dini di RA Ar-Raihan. Anak usia dini, yang didefinisikan sebagai fase perkembangan sejak lahir hingga enam tahun, merupakan periode penting untuk membentuk kemampuan kognitif, termasuk keterampilan pemecahan masalah dan berpikir logis. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, melibatkan observasi langsung, wawancara dengan guru, dan pengumpulan dokumentasi kegiatan. Data dianalisis menggunakan teknik analisis tematik untuk mengidentifikasi tema utama terkait penggunaan loose parts. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini mencakup peningkatan penalaran logis, kreativitas, dan keterampilan emosional-sosial di kalangan anak. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada pendidik tentang pentingnya pendekatan pembelajaran inovatif yang memanfaatkan sumber daya lokal dan mendorong partisipasi aktif dalam pendidikan anak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

prymerly

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Journal of Basic Education and Early Childhood Studies (E-ISSN: 2657-2141, P-ISSN: 2580-9185) is a scientific periodical managed by the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas Islamic Institute. The scope of the PrimEarly journal is that this journal contains ...