Tujuan dari penelitan ini untuk mengetahui bagaimana kemampuan penalaran matematis peserta didik Sekolah Menengah Atas dipengaruhi oleh kemampuan numerasi dan minat belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa soal untuk mengukur kemampuan numerasi dan penalaran matematis, serta angket sebagai instrumen non-tes untuk menilai minat belajar, seluruh instrumen telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Sampel penelitian sebanyak 180 peserta didik kelas X di salah satu SMA Negeri di Jakarta. Analisis regresi berganda sebagai pisau analisis data dengan bantuan perangkat lunak SPSS 26.2. Temuan hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) kemampuan penalaran matematis secara parsial dipengaruhi masing-masing oleh kemampuan numerasi dan minat belajar; (2) kemampuan penalaran matematis secara simultan dipengaruhi oleh kemampuan numerasi dan minat belajar.
Copyrights © 2025