Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 7, No 4 (2025): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Pengaruh Kemampuan Numerasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Di Sekolah Menengah Atas

Farhanah, Qathrunnada (Unknown)
Handayani, Isnaini (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Tujuan dari penelitan ini untuk mengetahui bagaimana kemampuan penalaran matematis peserta didik Sekolah Menengah Atas dipengaruhi oleh kemampuan numerasi dan minat belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa soal untuk mengukur kemampuan numerasi dan penalaran matematis, serta angket sebagai instrumen non-tes untuk menilai minat belajar, seluruh instrumen telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Sampel penelitian sebanyak 180 peserta didik kelas X di salah satu SMA Negeri di Jakarta. Analisis regresi berganda sebagai pisau analisis data dengan bantuan perangkat lunak SPSS 26.2. Temuan hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) kemampuan penalaran matematis secara parsial dipengaruhi masing-masing oleh kemampuan numerasi dan minat belajar; (2) kemampuan penalaran matematis secara simultan dipengaruhi oleh kemampuan numerasi dan minat belajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...