Pendidikan merupakan salah satu proses pembelajaran yang berlangsung di Indonesia, baik dalam bentuk pendidikan formal maupun non-formal. Pendidikan memegang peran penting dalam kehidupan manusia karena tidak hanya cukup untuk tumbuh dan berkembang secara alami, tetapi juga memerlukan bimbingan dan dorongan dari luar agar manusia dapat mandiri. Pentingnya pendidikan bagi individu, masyarakat, bangsa, dan negara sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan guna memajukan negara. Seiring dengan perkembangan teknologi, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi multimedia pembelajaran interaktif berbasis desktop untuk mata pelajaran IPA kelas IV di SD Negeri 1 NIPA. Aplikasi ini berisi konten video yang diambil dari berbagai sumber di internet, seperti YouTube, yang mencakup seluruh materi pembelajaran tentang hewan dan tumbuhan. Tujuan utama aplikasi ini adalah untuk membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran berbasis video secara offline dan meningkatkan minat belajar siswa. Pengembangan aplikasi ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Uji coba yang dilakukan terhadap 30 siswa menunjukkan bahwa aplikasi ini “mudah digunakan” dengan skor indeks 95,8%, yang termasuk dalam interval kelayakan sangat baik (76-100%). Selain itu, hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi juga menyatakan bahwa multimedia pembelajaran interaktif ini layak dan sangat baik untuk digunakan di kelas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif ini sangat cocok dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 1 NIPA. Keberhasilan aplikasi ini diharapkan dapat menjadi solusi inovatif bagi guru dan memotivasi siswa untuk belajar lebih aktif dan mandiri.
Copyrights © 2025