Jurnal Rekayasa Konstruksi Mekanika Sipil
Vol 8 No 1 (2025): Volume 8 Nomor 1 Tahun 2025

Tingkat Kepuasan Penumpang terhadap Kualitas Pelayanan Bandar Udara Internasional Kualanamu

Sitindaon, Charles (Unknown)
Situmorang, Holong (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Bandara Internasional Kualanamu adalah bandara terbesar kedua di Indonesia. Dengan demikian sangat penting untuk menjaga tingkat kepuasan pengguna jasa terhadap pelayanan bandara tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi fasilitas Bandara Internasional Kualanamu sesuai persyaratan teknis pengoperasian fasilitas Teknik Bandar Udara termuat dalam peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara No. SKEP/77/VI/2005, dan mengetahui tingkat kepuasan penumpang terhadap kualitas pelayanan fasilitas Bandara Internasional Kualanamu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan hasil analisis kebutuhan fasilitas bahwa hall keberangkatan (1954 m2), ruang tunggu keberangkatan (870 m2), Check-in area (228 m2), Check-in counter (39) buah, tempat duduk (635) buah, toilet area terminal keberangkatan (172 m2), hall kedatangan (1792 m2), toilet area terminal kedatangan (190 m2) memenuhi persyaratan teknis pengoperasian fasilitas teknik bandar udara. Indeks kepuasan penumpang (CSI) terhadap fasilitas adalah (86,85%) menunjukkan penumpang sangat puas terhadap kualitas pelayanan terminal domestik Bandara Internasional Kualanamu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JRKMS

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Jurnal Rekayasa Konstruksi Mekanika Sipil (JRKMS) UNIKA Santo Thomas Sumatera Utara meliputi kajian di bidang Teknik khususnya Teknik Sipil seperti Matematika teknik, Mekanika teknik, Analisis struktur, Konstruksi baja, Konstruksi beton, Konstruksi kayu, Konstruksi gelas, Mekanika tanah, Teknik ...