Pendidikan anak usia dini sangat penting dalam menunjang tumbuh kembang anak, di mana keluarga memegang peranan utama sebagai pendukung utama proses tersebut. Pendidikan yang bermutu tercipta dari interaksi yang baik antara anak dan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dinamika pendidikan anak usia dini dalam keluarga pengamen. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknik triangulasi, baik dari sisi sumber maupun metode, digunakan untuk memastikan validitas data dan menghasilkan gambaran yang menyeluruh. Penelitian dilaksanakan di Desa Cihideung Udik, Kabupaten Bogor, dengan keluarga pengamen sebagai subjek utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga pengamen tergolong dalam tipe keluarga pluralistis yang menjunjung tinggi interaksi terbuka dan pengambilan keputusan secara kolektif. Meskipun berada dalam kondisi ekonomi yang tidak menentu dan lingkungan sosial yang penuh tantangan, para orang tua tetap berusaha memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anak mereka. Bahkan pada keluarga yang hidup terpisah (broken home), keputusan mengenai pendidikan tetap dibicarakan bersama tanpa adanya dominasi satu pihak. Penelitian ini menegaskan bahwa keluarga pengamen tetap memprioritaskan pendidikan anak dan terlibat aktif dalam prosesnya.
Copyrights © 2025