Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran, validitas dan efiktivitas media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan pengenalan huruf dan suku kata anak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Research & Development (R&D) model Analysis, Design, Development, dan Implementation (ADDIE) dengan subjek tiga guru yang ada di TK Az-zahra. Isi dari media interaktif tersebut berisi tentang pengenalan huruf yang dimulai dari huruf alphabet, huruf vocal, huruf konsonan sampai pada penggabungan huruf vocal dan konsonan sehingga menghasilkan suku kata yang diharapkan mampu meningkatkan perkembangan kognitif dan bahasa pada anak secara menarik dan variatif. Media ini sangat bermanfaat bagi pendidik/guru karena media tersebut dapat digunakan oleh guru disetiap proses pembelajaran karena materi tersebut bersifat umum. Hasil penelitian ini yaitu dengan adanya media animasi pengenalan huruf dan suku kata ini membuat guru lebih mudah dalam memberikan pembelajaran tentang pengenalan huruf dan suku kata pada murid, kevalidan dari media yang dikembangkan sangat valid dan praktis untuk digunakan. Berdasarkan penilaian dari tiga validator, rata-rata skor validitas media mencapai 87.84%. Penilaian praktikalitas oleh guru menunjukkan hasil positif dengan nilai 92.55%. Keefektifan media juga terbukti tinggi, dengan hasil penilaian keefektifan sebesar 91,31%, yang menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengenalan, pengelompokan dan penyebutan huruf dan suku kata anak.
Copyrights © 2025