Keterampilan pengelolaan kelas merupakan aspek krusial dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan kondusif, terutama di jenjang pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan menganalisis keterampilan guru dalam mengelola kelas II di SD Negeri 9 Alai, mengatasi kesenjangan studi spesifik pada jenjang tersebut. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen (RPP, percakapan grup, buku penghubung, catatan anekdot, foto). Keabsahan data dipastikan melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu, dengan analisis data mengikuti model Miles dan Huberman (reduksi, penyajian, penarikan kesimpulan). Hasilnya menunjukkan bahwa guru kelas II SD Negeri 9 Alai menunjukkan keterampilan pengelolaan kelas yang sangat baik, meliputi perencanaan waktu terstruktur, komunikasi aktif dengan orang tua dan siswa, penataan lingkungan fisik kelas yang optimal, serta peran proaktif dalam mengatasi masalah siswa dan membiasakan mereka disiplin serta bertanggung jawab. Temuan ini menggarisbawahi bagaimana pendekatan responsif terhadap kebutuhan siswa dan strategi pembiasaan karakter dapat bersinergi, berkontribusi signifikan pada pengembangan akademik dan sosial siswa.
Copyrights © 2025