Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran geoboard terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun datar di tingkatan kedua sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan kuasi ekperimen (Quasi Experimental). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa, terdiri atas 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa sebagai kelompok kontrol, dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Instrumen penelitian menggunakan tes subjektif 20 butir soal pilihan ganda. Pengujian yang digunakan berupa uji persyaratan analisis uji normalitas dengan uji liliefors dan uji homogenitas yaitu uji leven’s. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah independent sample t-test, dan uji effect size. Hasil penelitian ini adalah nilai uji effect size sebesar 1,420 (d > 0,8), maka menunjukan efek yang tergolong besar, sehingga penggunaan media geoboard memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun datar. Penggunaan media geoboard dalam proses pembelajaran membuktikan adanya peningkatan terhadap hasil belajar matematika.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025