Minat belajar adalah motivasi internal yang mendorong partisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menyelidiki dampak penerapan media Powtoon terhadap minat belajar siswa pada materi sumber energi di kelas tiga sekolah dasar. Penelitian ini memanfaatkan pendekatan kuantitatif melalui desain kuasi eksperimen posttest-only control group design. Subjek penelitian meliputi atas 60 siswa yang diklasifikasikan dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan masing-masing beranggotakan 30 siswa. Pengumpulan data dilaksanakan melalui penyebaran kuesioner minat belajar yang selanjutnya dilakukan penganalisisan melalui independent sample t-test. Hasil penganalisisan membuktikan taraf signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05), yang membuktikan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Melalui hal ini, diperoleh kesimpulan bahwa pengaplikasian media Powtoon terbukti memiliki efektivitas dalam meningkatkan minat belajar siswa pada materi sumber energi. Penerapan teknologi multimedia mampu dijadikan strategi dengan efektivitas tinggi guna meningkatkan keterlibatan belajar IPA di tingkat sekolah dasar.
Copyrights © 2025