Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran pendidikan multikultural dalam membentuk karakter peserta didik di Indonesia. Masalah difokuskan pada pentingnya pendekatan pendidikan yang menghargai keberagaman budaya, agama, dan sosial dalam menciptakan generasi yang toleran, adil, dan berwawasan kebangsaan. Kajian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif untuk menganalisis konsep-konsep pendidikan karakter dan multikulturalisme dari berbagai literatur akademik yang relevan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendidikan multikultural tidak hanya mendukung penguatan nilai-nilai kemanusiaan universal seperti toleransi, keadilan, dan penghargaan terhadap perbedaan, tetapi juga berkontribusi dalam mencegah konflik sosial dan memperkuat persatuan bangsa. Implementasi pendidikan multikultural melalui mata pelajaran seperti Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Sejarah, dan Seni Budaya terbukti efektif dalam menanamkan nilai-nilai karakter. Oleh karena itu, pendidikan multikultural perlu dijadikan strategi utama dalam pengembangan kurikulum pendidikan karakter di Indonesia guna menciptakan peserta didik yang cerdas secara intelektual dan emosional serta siap hidup dalam masyarakat yang plural.
Copyrights © 2025