Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk karakter peserta didik melalui integrasi nilai religius dan kepedulian sosial. Namun, sebagian besar penelitian sebelumnya hanya menyoroti hubungan pendidikan agama dengan perilaku sosial secara umum, tanpa mengkaji peran program lingkungan dalam menanamkan nilai tersebut. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses internalisasi nilai-nilai religius melalui Program Adiwiyata dan menganalisis pengaruhnya terhadap pembentukan kepedulian sosial siswa di MTs Al Hikam Jatirejo Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi selama tiga bulan untuk memperoleh data yang komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan seperti kerja bakti, pengelolaan sampah, daur ulang, dan aktivitas sosial berbasis ajaran Islam mampu menumbuhkan karakter religius dan kesadaran sosial siswa secara signifikan. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan model pendidikan karakter berbasis nilai religius dan lingkungan di madrasah, yang dapat diterapkan secara berkelanjutan untuk mencetak generasi berintegritas, peduli, dan berakhlak mulia
Copyrights © 2025