QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora
Vol 3 No 3 (2025): 2025

Internalisasi Nilai-Nilai Religius Dalam Menumbuhkan Kepedulian Sosial Siswa Melalui Program Adiwiyata di MTS Al Hikam Jatirejo Jombang

Nikmatul Faiza (Unknown)
Siti Rofi’ah (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2025

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk karakter peserta didik melalui integrasi nilai religius dan kepedulian sosial. Namun, sebagian besar penelitian sebelumnya hanya menyoroti hubungan pendidikan agama dengan perilaku sosial secara umum, tanpa mengkaji peran program lingkungan dalam menanamkan nilai tersebut. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses internalisasi nilai-nilai religius melalui Program Adiwiyata dan menganalisis pengaruhnya terhadap pembentukan kepedulian sosial siswa di MTs Al Hikam Jatirejo Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi selama tiga bulan untuk memperoleh data yang komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan seperti kerja bakti, pengelolaan sampah, daur ulang, dan aktivitas sosial berbasis ajaran Islam mampu menumbuhkan karakter religius dan kesadaran sosial siswa secara signifikan. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan model pendidikan karakter berbasis nilai religius dan lingkungan di madrasah, yang dapat diterapkan secara berkelanjutan untuk mencetak generasi berintegritas, peduli, dan berakhlak mulia

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

qosim

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora dengan e-ISSN 2987-713X (online) p-ISSN 3025-5163 (cetak) dan Prefix DOI 10.61104. adalah jurnal multidisiplin dan akses terbuka peer-reviewed dengan mengikuti kebijakan single-blind review. Artikel ilmiah pada Jurnal QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & ...