Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi yang diterapkan oleh pengawas madrasah dalam pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di MIS Mathla’ul Anwar, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi non-partisipatif dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif untuk menggambarkan secara menyeluruh strategi pengawasan yang diterapkan. Temuan menunjukkan bahwa pengawas berperan aktif dalam seluruh tahapan pengelolaan dana BOS, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pelaporan. Strategi yang diterapkan meliputi evaluasi rutin, bimbingan administratif, serta pemberian arahan dan rekomendasi terhadap pelaksanaan program. Pengawas juga mendorong penggunaan sistem digital seperti e-RKAM dan EDM untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas. Temuan ini menegaskan bahwa pengawasan yang terstruktur dan berkelanjutan dapat memperkuat efektivitas serta tata kelola keuangan pendidikan di tingkat satuan pendidikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025