Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa SMKN 33 Jakarta terhadap etika dalam berinternet. Pelajar sebagai generasi digital perlu dibekali dengan literasi yang tidak hanya mencakup kemampuan teknis, tetapi juga nilai-nilai etis dalam berinteraksi di ruang digital. Melalui pelatihan dan workshop yang dilaksanakan pada 20 Mei 2025, tim dosen dan mahasiswa dari Program Studi D4 Humas dan Komunikasi Digital Universitas Negeri Jakarta membekali siswa dengan pemahaman mengenai hak cipta, privasi, dan keamanan digital. Pelatihan juga dilakukan dengan pendampingan pembuatan konten dan membuat caption dengan kalimat marketing yang beretika. Praktik pemasaran itu sejalan dengan kebutuhan siswa SMK yang erat dengan aplikatif kegiatan pemasaran. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test, serta dokumentasi kegiatan. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa dalam mengenali bentuk pelanggaran etika digital serta mendorong mereka untuk lebih bijak dan produktif dalam memanfaatkan media digital sesuai bidang keahlian mereka
Copyrights © 2025