Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO)
Vol. 5 No. 1 (2023): FEBRUARI

Pengaruh Komunikasi Digital Dua Arah Terhadap Kinerja Karyawan PT. IMIP (Studi pada Karyawan DSI: Dexin Stell Indonesia)

R, Ray Samudra (Unknown)
M, Diana Rina (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini adalah tipe korelasional yaitu penelitian yang menjelaskan variabel-variabel yang diteliti serta hubungannya antara satu variabel dengan variabel lainnya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder berupa metode angket kuesioner dan data lainnya yang dibutuhkan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang terlebih dahulu dilakukan pengujian instrumen penelitian kemudian berlanjut ke uji asumsi klasik yang mencakup uji normalitas, multikolinearitas, autokorelasi dan heteroskedastisitas kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis (uji signifikansi parsial (t), simultan (f) dan koefisien determinasi R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses komunikasi digital dua arah karyawan perusahaan DSI: Dexin Stell Indonesia tidak terlepas dari peran dan kehadiran era komunikasi digital saat ini yang berkembang. Komunikasi digital dua arah yang terjadi, informasi mengalir dari pengirim ke penerima dan respons penerima kembali ke pengirim. Komunikasi digital horizontal dan komunikasi digital diagonal, memiliki kontribusi pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan Perusahaan DSI: Dexin Stell Indonesia. Komunikasi digital dua arah berpengaruh terhadap kinerja karyawan perusahaan DSI: Dexin Steel Indonesia dengan presentasi 55.9% atau berada pada kategori kategori sedang, sedangkan 44.1% (100% - 55.9%) diterangkan oleh sebab sebab dan faktor lain yang berada diluar variabel komunikasi digital dua arah seperti aspek kedisiplinan, kerjasama, budaya organisasi hingga kompensasi atau tunjangan yang diperoleh sehingga berperan terhadap kinerja karyawan yang optimal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jko

Publisher

Subject

Humanities

Description

Komunikasi organisasi, studi media, teknologi komunikasi, komunikasi interpersonal, iklan, komunikasi antarbudaya, strategi komunikasi, public relations, kajian organisasi publik dan ...