Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 2 No. 3 (2025): JUNI-JULI 2025

PENGARUH BIMBINGAN KARIR TERHADAP PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XII OTKP DI SMK NEGERI 1 BANTAENG

Aina Alfira (Unknown)
Rukiana Novianti Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perencanaan karir siswa dan pengaruh layanan bimbingan karir terhadap perencanaan karir siswa kelas XII OTKP di SMK Negeri 1 Bantaeng. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Bantaeng Kabupaten Bantaeng. Pengumpulan data dilakukan dengan metode Observasi, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Bantaeng Kabupaten Bantaeng dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 5 orang siswa dengan menggunakan metode eksperimen dengan teknik One Group Pretest dan posttest. Teknik Analisis data yang digunakan yaitu dengan Analisis Paired sample T test. Hasil penelitian pada pengaruh layanan bimbingan karir terhadap perencanaan karir siswa kelas XII Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Bantaeng, Berdasarkan hasil kuesioner yang dibagikan ke siswa maka dapat diketahui kategori perencanaan karir siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Bantaeng terdapat 2 orang siswa yang menempati kategori Tinggi dengan persentase 40% sedangkan yang berada di kategori sedang 3 orang 60%, kemudian hasil hipotesis dibuktikan bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan karir terhadap perencanaan karir siswa di SMK Negeri 1 Bantaeng dengan nilai signifikansi 0,000 dimana p < 0,05.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...