Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis
Vol. 4 (2025): Simposium Manajemen dan Bisnis

PENGARUH CRM, PROMOSI PENJUALAN DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI LISENSI COFFEE

Maurisyen, Chornes Vraylin (Unknown)
Soeprajitno, Edy Djoko (Unknown)
Raharjo, Itot Bian (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menyelidiki apakah CRM (Customer Relationship Management), Promosi Penjualan, dan Store Atmosphere berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan di Lisensi Coffee. Pendekatan kuantitatif dengan desain kausal digunakan, dan data penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari kuisioner yang disebarkan kepada 100 responden pelanggan Lisensi Coffee yang telah berkunjung lebih dari sekali dan berusia 17 tahun atau lebih. Teknik purposive sampling diterapkan, dan analisis data meliputi uji asumsi klasik, uji linearitas, serta regresi linier berganda menggunakan IBM SPSS versi 30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CRM, Promosi Penjualan, dan Store Atmosphere berpengaruh signifikan dan positif terhadap Kepuasan Pelanggan, dengan Store Atmosphere memiliki pengaruh terbesar (β = 0,536). Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,974 mengindikasikan bahwa 97% Kepuasan Pelanggan dipengaruhi oleh ketiga variabel tersebut. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dengan mengintegrasikan ketiga variabel dalam konteks coffee shop, serta implikasi praktis bagi pemilik usaha untuk meningkatkan Kepuasan Pelanggan melalui strategi CRM yang efektif, Promosi Penjualan yang menarik, dan Store Atmosphere yang nyaman.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

simanis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Prosiding Simposium Nasional Manajemen Bisnis menerbitkan penelitian dalam disiplin ilmu yang disediakan aplikasi untuk manajemen, serta penelitian di bidang-bidang seperti Manajemen Strategi, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, Teknologi Keuangan, ...