Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis
Vol. 4 (2025): Simposium Manajemen dan Bisnis

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UMKM DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA KEDAI NASI PECEL TUMPANG IBU DWI DI KOTA KEDIRI

Wardhani, Dinta Hanny Kusuma (Unknown)
Sugiono (Unknown)
Widodo, Moch. Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi pemasaran dan dampaknya terhadap peningkatan volume penjualan di Kedai Nasi Pecel Tumpang Ibu Dwi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi 4P (produk, harga, tempat, dan promosi) berhasil meningkatkan volume penjualan secara signifikan. Kebaruan penelitian ini terletak pada fokus analisis strategi pemasaran di UMKM kuliner tradisional yang masih jarang dibahas, serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan keberlanjutan usaha di era persaingan yang ketat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

simanis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Prosiding Simposium Nasional Manajemen Bisnis menerbitkan penelitian dalam disiplin ilmu yang disediakan aplikasi untuk manajemen, serta penelitian di bidang-bidang seperti Manajemen Strategi, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, Teknologi Keuangan, ...