Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh harga, promosi, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas members pada Lembaga Kursus English Madany Pare. Persaingan bisnis di Indonesia berdampak langsung terhadap pertumbuhan dan keberlanjutan usaha. Termasuk layanan jasa kursus bahasa Inggris dituntut mampu mendesain bauran pemasaran dan memprioritaskan nilai kepuasan agar tercipta loyalitas secara total. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif kausalitas dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner Google Form dan penentuan sampel secara purposive sampling dengan jumlah 40 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda yang telah memenuhi syarat uji asumsi klasik. Hasil penelitian membuktikan apabila variabel harga, promosi, dan kepuasan sebagai variabel dominan berpengaruh pada loyalitas baik secara parsial maupun simultan. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada integrasi ketiga variabel dalam konteks lembaga kursus bahasa Inggris berbasis digital di kawasan Kampung Inggris Pare. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis dalam pengembangan strategi pemasaran lembaga pendidikan nonformal secara lebih efektif dan berorientasi pada loyalitas pelanggan.
Copyrights © 2025