Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis
Vol. 4 (2025): Simposium Manajemen dan Bisnis

PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, KUALITAS KONTEN, DAN INTERAKSI PENGGUNA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SKINCARE TIKTOKSHOP

Vareza, Dinda (Unknown)
Kusumaningtyas, Dian (Unknown)
Widodo, Moch. Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan aplikasi, kualitas konten, dan interaksi pengguna terhadap minat beli produk skincare di TikTok Shop. Penelitian dilakukan pada mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian kausal. Sampel berjumlah 100 responden yang dipilih menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner online dengan skala Likert, kemudian dianalisis menggunakan regresi linear berganda melalui bantuan SPSS v23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, kualitas konten dan interaksi pengguna berpengaruh signifikan terhadap minat beli, sedangkan persepsi kemudahan aplikasi tidak berpengaruh signifikan. Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap minat beli dengan nilai koefisien determinasi sebesar 76,4%. Kebaruan dalam penelitian ini terletak pada fokus analisis terhadap integrasi tiga variabel digital marketing dalam konteks TikTok Shop sebagai platform sosial sekaligus marketplace, khususnya terhadap perilaku pembelian produk skincare oleh generasi muda. Temuan ini menegaskan bahwa strategi konten dan interaksi lebih berpengaruh dibanding kemudahan aplikasi dalam mendorong minat beli di platform digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

simanis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Prosiding Simposium Nasional Manajemen Bisnis menerbitkan penelitian dalam disiplin ilmu yang disediakan aplikasi untuk manajemen, serta penelitian di bidang-bidang seperti Manajemen Strategi, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, Teknologi Keuangan, ...