Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara persial maupun simultan literasi ekonomi, persepsi harga, dan promosi penjualan terhadap perilaku pembelian impulsif produk fashion di Shopee pada mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 121 responden Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi, yang dipilih menggunakan teknik sampling jenuh, kemudian dianalisis menggunakan metode regresi linier berganda yang diolah melalui perangkat lunak IBM SPSS versi 23. Hasil penelitian menandakan bahwa literasi ekonomi, persepsi harga, dan promosi penjualan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif dengan masing- masing nilai signifikansi sebesar 0,004, 0,000,dan 0,004 serta nilai t hitung sebesar 2.908, 0,247, dan 2.927. kemudian literasi ekonomi, persepsi harga, dan promosi penjualan berpengaruh simultan terhadap perilaku pembelian impulsive dengan nilai signifikan sebesar 0,000 dengan F hitung sebesar 17.792. kebaruan penelitian terletak pada persepsi harga dan promosi penjualan dimana tidak selalu berdampak positif.
Copyrights © 2025