Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis
Vol. 4 (2025): Simposium Manajemen dan Bisnis

PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK, HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN WARDAH PADA MAHASISWA UNP KEDIRI

Fitaningsih, Nina Dwi (Unknown)
Widodo, Moch. Wahyu (Unknown)
Samari (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian produk Wardah pada mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kausal dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner tertutup berbentuk skala Likert yang disebarkan secara online menggunakan Google Form. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang pernah membeli atau menggunakan produk Wardah, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Instrumen penelitian berupa kuesioner dan data dianalisis menggunakan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan, variabel brand image, kualitas produk, dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin baik persepsi konsumen terhadap citra merek, kualitas produk, dan keterjangkauan harga, maka semakin besar kemungkinan mereka memutuskan untuk membeli produk Wardah. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada fokusnya terhadap konsumen mahasiswa, yang memiliki karakteristik perilaku dan preferensi yang berbeda dibandingkan dengan konsumen umum. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pelaku industri kosmetik, khususnya Wardah, dalam merancang strategi pemasaran yang efektif berbasis preferensi mahasiswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

simanis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Prosiding Simposium Nasional Manajemen Bisnis menerbitkan penelitian dalam disiplin ilmu yang disediakan aplikasi untuk manajemen, serta penelitian di bidang-bidang seperti Manajemen Strategi, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, Teknologi Keuangan, ...