Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis
Vol. 4 (2025): Simposium Manajemen dan Bisnis

PENGARUH LIVE STREAMING, CONTENT MARKETING DAN ONLINE REVIEW CUSTOMER TERHADAP MINAT BELI PADA TIKTOK SHOP DI KEDIRI

Sari, Sheyla Intan Purnama (Unknown)
Hakimah, Ema Nurzainul (Unknown)
Sasongko, M. Zuhdi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh live streaming, content marketing, dan online customer review terhadap minat beli konsumen di TikTok Shop Kota Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda, serta uji validitas, reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, sedangkan live streaming dan content marketing tidak menunjukkan pengaruh signifikan secara parsial. Namun, secara simultan, ketiga variabel tersebut memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli. Kebaruan penelitian ini terletak pada pengujian secara simultan antara live streaming, content marketing, dan online customer review dalam konteks TikTok Shop, dengan temuan bahwa online customer review menjadi faktor dominan dalam memengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

simanis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Prosiding Simposium Nasional Manajemen Bisnis menerbitkan penelitian dalam disiplin ilmu yang disediakan aplikasi untuk manajemen, serta penelitian di bidang-bidang seperti Manajemen Strategi, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, Teknologi Keuangan, ...