Permasalahan dalam penyampaian aspirasi dan pengaduan masyarakat di Desa Muara Penimbung Ulu masih dilakukan secara manual, seperti melalui surat atau datang langsung ke kantor desa, yang dinilai kurang efisien, rawan keterlambatan, kehilangan data, serta minim transparansi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem informasi pengaduan berbasis web guna mempermudah masyarakat dalam menyampaikan laporan serta membantu perangkat desa dalam menanggapi dan mendokumentasikan pengaduan secara sistematis dan efisien. Metode pengembangan yang digunakan adalah waterfall, yang meliputi tahapan analisis, perancangan, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Sistem dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP, database MySQL, serta framework Bootstrap untuk antarmuka. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi pengaduan online yang memungkinkan masyarakat membuat akun, mengirimkan pengaduan, dan memantau status laporan. Sementara itu, admin desa dapat memverifikasi, memberikan tanggapan, dan menutup pengaduan yang telah selesai ditindaklanjuti. Berdasarkan pengujian dengan metode black-box, sistem berfungsi sesuai dengan yang diharapkan. Sistem ini diharapkan dapat meningkatkan transparansi, efisiensi, dan akuntabilitas dalam pengelolaan pengaduan masyarakat di Desa Muara Penimbung Ulu.
Copyrights © 2025