Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media
Vol 8, No 2 (2025): NETWORK MEDIA

MAKNA BRAND COMMUNITY BAGI BEAUTY INFLUENCER PADA MEMBER RUBI COMMUNITY

Hajarani, Nadira (Unknown)
Abidin, Zainal (Unknown)
Budhiharti, Tri Widya (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2025

Abstract

RUBI Community hadir sebagai brand community yang bertujuan memberdayakan perempuan Indonesia melalui dunia kecantikan serta membentuk beauty influencer yang otentik dan berkarakter. Dengan jumlah pengikut tinggi dan engagement aktif di Instagram maupun platform lainnya, komunitas ini menjadi bukti kuatnya relasi antara brand dan penggunanya di era digital. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui makna brand community bagi beauty influencer melalui pengalaman member RUBI Community. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme dengan metode kualitatif melalui teori fenomenologi Alfred Schutz. Subjek dalam penelitian ini berjumlah lima orang yang merupakan seorang beauty influencer dan pernah menjadi member RUBI Community. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi non partisipan, studi dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian ini ditemukan beragamnya makna yang dirasakan beauty influencer dalam menjadi member RUBI Community, diantaranya motivasi untuk aktif berkonten, ruang yang suportif dan positif, tempat pengembangan personal branding, serta sarana untuk tumbuh dalam kepedulian sosial dan lingkungan melalui program yang dibuat oleh komunitas tersebut.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

junetmedia

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal ini berisi artikel ilmiah tentang Ilmu Komunikasi. Jurnal Network Media diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Dharmawangsa Medan dengan ISSN : 2569-6446 dan E-ISSN : 2722-9319. Semoga Jurnal ini memberikan informasi bagi masyarakat ...