Penelitian ini dilatarbelakangi masalah karir menjadi topik yang signifikan untuk dibicarakan di kalangan mahasiswa yang berada di semester akhir. Sejumlah besar mahasiswa yang baru lulus belum memenuhi kriteria pekerjaan, dan salah satu hambatan utama yang mereka hadapi adalah kesulitan diterima bekerja. Kehadiran TikTok sebagai media baru mempermudah pencarian informasi seputar karir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konten TikTok Vina Muliana @vmuliana meliputi intensitas, isi pesan dan daya tarik terhadap pemenuhan kebutuhan onformasi mahasiswa pasca lulus S1. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Effect sebagai acuan dalam menjelaskan permasalahan. Sampel Penelitian ini adalah 78 Mahasiswa akhir Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Singaperbangsa Karawang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan survey eksplanatori. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji regresi linear sederhana. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa terdapat pengaruh positif masing-masing sub variabel intensitas, isi pesan, dan daya tarik konten TikTok Vina Muliana terhadap pemenuhan kebutuhan informasi persiapan karir mahasiswa pasca lulus S1.
Copyrights © 2025