Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar modul Bahasa Inggris Terintegrasi Islam yang berkualitas serta layak untuk digunakan pada Madrasah tingkat Aliyah maupun SMA. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) yang terdiri dari 5 tahap yaitu 1) penelitian dan pengumpulan informasi, 2) membuat perencanaan (desain) produk, 3) mengembangkan produk, 4) melakukan uji coba awal, revisi produk dari hasil uji coba awal dan uji coba lapangan utama, dan 5) melalukan evaluasi dan revisi. Sample penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, validasi, angket, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Produk yang dikembangkan sudah melewati beberapa kali uji coba baik skala terbatas maupun skala luas. Uji coba terbatas dilakukan di MAN 1 Pekanbaru pada kelas X TA. 2023/2024 dengan subjek berjumlah 20 Siswa. Uji coba pada skala luas dilakukan di tiga madrasah yaitu MAN 1 Pekanbaru, MAN 2 Pekanbaru, dan MAN 3 Pekanbaru dengan jumlah subjek 60 Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan sangat valid berdasarkan kriteria kevalidan dari validator yaitu ahli materi, ahli integrasi Islam, ahli bahasa, dan ahli media. Respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan sangat baik. Modul yang dihasilkan memenuhi kategori sangat efektif baik dalam meningkatkan hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dan sangat praktis dilihat dari keterlaksanaannya dalam pembelajaran, penilaian guru, dan siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa produk modul Bahasa Inggris Terintegrasi Islam untuk kelas X Madrasah Aliyah ini memiliki kualitas yang sangat baik ditinjau dari aspek validitas, praktikalitas, dan efektivitas sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran
Copyrights © 2025