Kemampuan siswa dalam mengolah data dan angka menjadi salah satu kompetensi penting dalam era digital yang terus berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pemanfaatan aplikasi Microsoft Excel sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pengolahan data di SMAN 1 Hamparan Perak. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuasi-eksperimen dengan melibatkan siswa kelas XI sebagai subjek penelitian. Proses pembelajaran dirancang berbasis proyek untuk mendorong siswa mengaplikasikan fungsi-fungsi Excel, seperti penggunaan formula, grafik, dan analisis data sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Microsoft Excel secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep pengolahan data, keterampilan berpikir kritis, dan kecepatan dalam menyelesaikan tugas berbasis data. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi teknologi, khususnya Microsoft Excel, dalam proses pembelajaran memiliki potensi besar untuk meningkatkan kompetensi siswa di bidang numerik dan analitik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025