JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia)
Vol 10, No 1 (2025): JPGI

Pengaruh model project based learning berbasis profil pelajar pancasila dan motivasi belajar terhadap berpikir kreatif siswa sekolah dasar

Hasibuan, Yullya Ardiny (Unknown)
Napitupulu, Efendi (Unknown)
Rahman, Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai pengaruh model Project Based Learning (PjBL) yang diintegrasikan dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan tingkat motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas V Sekolah Dasar. Hipotesis yang diajukan adalah bahwa terdapat pengaruh signifikan antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, serta adanya interaksi di antara keduanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental) berbentuk faktorial 2×2. Sampel terdiri dari 52 siswa kelas V SD Negeri 084081 Kota Sibolga yang dibagi dalam dua kelompok: kelas eksperimen yang menggunakan model PjBL dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian meliputi tes esai untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif dan angket untuk mengukur motivasi belajar. Validitas isi instrumen dikonsultasikan dengan ahli dan diuji melalui analisis korelasi item-total, sedangkan reliabilitas diuji menggunakan koefisien Cronbach’s Alpha dengan hasil yang menunjukkan kategori tinggi. Data dianalisis menggunakan uji ANAVA dua jalur dengan bantuan SPSS versi 28. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran PjBL berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa; (2) motivasi belajar juga memberikan pengaruh signifikan; dan (3) terdapat interaksi signifikan antara model pembelajaran dan motivasi belajar. Siswa dengan motivasi tinggi yang mengikuti pembelajaran PjBL menunjukkan skor tertinggi dalam kemampuan berpikir kreatif. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa PjBL yang terintegrasi dengan nilai-nilai P5 efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, khususnya bagi siswa dengan motivasi belajar tinggi. Oleh karena itu, model ini direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran inovatif dalam mendukung pencapaian kompetensi abad ke-21 di jenjang sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpgi

Publisher

Subject

Education

Description

JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) ISSN: 2541-3317 (for electronic version) 2541-3163 (for print version). JPGI is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Provide a journal that reports research on topics that ...