Keterampilan siswa dalam membuat presentasi masih kurang optimal, sehingga berdasarkan latar belakang tersebut maka tujuan dari penelitian yaitu untuk mengevaluasi dan mengeksplorasi tingkat pemahaman siswa dalam menggunakan fitur audio dan fitur audiovisual pada aplikasi PowerPoint untuk membuat presentasi interaktif pada materi teks deskripsi. Metode penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Data berupa hasil post-test, pre-test siswa, serta hasil wawancara guru Bahasa Indonesia di SMA Muhammadiyah Al Kautsar PK Kartasura. Sumber data yaitu 17 siswa kelas XI-2 dan guru Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, post-test, pre-test, dokumentasi dan wawancara. Proses pengumpulan data berupa introduksi, induksi, evaluasi, dan keberlanjutan. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskripsi kualitatif dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, kemudian menarik kesimpulan. Validasi data menggunakan teknik triangulasi teknik. Pemanfaatan fitur audio dan audiovisual pada PowerPoint dalam materi teks deskripsi terbukti efektif meningkatkan pemahaman siswa. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan pemahaman fitur audio yang semula 59% menjadi 88%, dan pemahaman terhadap fitur audiovisual meningkat dari 24% setelah terlaksananya kegiatan menjadi 94%.
Copyrights © 2025