Administraus Jurnal Ilmu Administrasi dan Manajemen
Vol. 9 No. 1 (2025): Administraus: Jurnal Ilmu Administrasi dan Manajemen

Pengaruh Produk Ramah Lingkungan terhadap Keputusan Pembelian Tumbler di Kalimantan Selatan

Latte, Jumai (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

The increasing amount of plastic waste raises concerns about its impact on the environment and increases awareness of the importance of consuming more environmentally friendly products. The purpose of this study was to determine the extent to which environmentally friendly products influence consumer glass purchasing decisions in South Kalimantan. This research uses an explanatory quantitative approach, 50 respondents were selected by random sampling method. The research instrument was a questionnaire and the analysis was carried out using simple linear regression. The results showed that organic products have a positive and significant influence on purchasing decisions. The coefficient of determination (R²) of 0.599 indicates that 59.9% of the variation in purchasing decisions can be explained by the perception of green products. This finding confirms the important role of green products in shaping consumer behavior and is also a strategic opportunity for manufacturers in marketing green products. Keywords: Green Product; Purchasing Decision; Tumbler ABSTRACT Meningkatnya jumlah limbah plastik telah menimbulkan kekhawatiran akan dampaknya terhadap lingkungan dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya mengkonsumsi produk yang lebih ramah lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana produk ramah lingkungan mempengaruhi keputusan pembelian gelas konsumen di Kalimantan Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatori, dengan 50 responden yang dipilih melalui metode random sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner dan analisis dilakukan dengan menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk ramah lingkungan memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,599 menunjukkan bahwa 59,9% variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh persepsi terhadap produk hijau. Temuan ini menegaskan pentingnya peran produk ramah lingkungan dalam membentuk perilaku konsumsi, sekaligus menjadi peluang strategis bagi produsen dalam memasarkan produk ramah lingkungan. Kata Kunci: Keputusan Pembelian; Produk Ramah Lingkungan; Tumbler

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

administraus

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarkan pemikiran konseptual atau gagasan dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang Ilmu Administrasi. ...