Penelitian ini menganalisis peta persepsi konsumen Generasi Z di Pekanbaru terhadap persaingan bisnis karaoke menggunakan analisis Multidimensional Scaling (MDS). Dengan pendekatan kuantitatif, survei dilakukan terhadap 100 responden berusia 20-24 tahun yang terdiri dari siswa SMA dan mahasiswa. Hasilnya menunjukkan bahwa Family Box dipersepsikan unggul dalam dimensi keandalan (Reliability) dan daya tanggap (Responsiveness). Sementara itu, Happy Puppy unggul dalam dimensi jaminan (Assurance) dan paling mendekati persepsi positif pada aspek bukti fisik (Tangible). Adapun Koro-Koro tidak menonjol secara signifikan pada dimensi mana pun. Penelitian ini menyimpulkan adanya persepsi yang berbeda-beda terhadap setiap merek dan merekomendasikan penelitian lanjutan untuk memperluas variabel dan demografi responden guna mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang persaingan di industri hiburan ini.
Copyrights © 2025