Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peta persepsi konsumen generasi Z di Kota Pekanbaru terhadap berbagai dimensi pada mall, dalam upaya untuk memahami dinamika persaingan di pasar mall. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantiatif dengan tipe penelitian deskriptif, dengan metode pengumpulan data kuesioner. Penelitian ini menerapkan teknik sampling yaitu non probability. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden berupa generasi Z di Kota Pekanbaru. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggukanan analisis multidimensional scalling (MDS) dengan menggunakan perangkat SPSS Versi 27.0. Penelitian ini menghasilkan peta persepsi yang menunjukkan bahwa Mall SKA memiliki kedekatan dengan dimensi fokus pemasaran dan kenyamanan. Mall Ciputra Seraya terlihat unggul pada dimensi keamanan. Sementara itu, Living World Pekanbaru terlihat unggul dalam dimensi ambience. Pada dimensi infrastruktur fisik tidak ada merek mall yang secara khusus mendominasi dimensi tersebut. Namun, Living World Pekanbaru menjadi merek mall yang lebih dekat dengan dimensi infrastruktur fisik. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menambahkan dimensi baru, memperluas sampel menyertakan generasi lain seperti generasi milenial atau generasi alpha, mempertimbangkan menggunakan pendekatan kualitatif atau metode campuran untuk menggali lebih dalam alasan di balik persepsi konsumen terhadap mall.
Copyrights © 2025