Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan ChatGPT dalam ekosistem perguruan tinggi guna mendukung produktivitas dan inovasi ilmiah. ChatGPT, sebagai teknologi kecerdasan buatan, membantu peneliti menghasilkan teks yang terstruktur, mengembangkan ide orisinal, dan membangun argumen persuasif, yang meningkatkan efisiensi penulisan ilmiah. Penelitian ini juga mengeksplorasi penggunaan ChatGPT dalam pendidikan tinggi untuk memfasilitasi pembelajaran interaktif dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Kegiatan ini melibatkan 76 peserta dari mahasiswa dan dosen Universitas Selamat Sri Kendal pada 16 Juni 2025. Hasil pretest menunjukkan variasi pemahaman peserta, dengan Pertanyaan 3 dan Pertanyaan 8 memperoleh 100% jawaban benar, sementara Pertanyaan 9 dan Pertanyaan 15 mencatatkan 95% dan 75% jawaban salah. Setelah materi disampaikan, posttest menunjukkan peningkatan signifikan, dengan Pertanyaan 3 dan Pertanyaan 8 tetap 100% benar, serta peningkatan pada Pertanyaan 9 (75%) dan Pertanyaan 15 (82%). Hasil diskusi menunjukkan bahwa ChatGPT dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan mendukung inovasi ilmiah. Meskipun teknologi ini memberikan banyak manfaat, tantangan etika dan risiko penyalahgunaan, seperti plagiarisme, harus tetap diperhatikan. Keberhasilan kegiatan ini terlihat dari peningkatan pemahaman peserta dan feedback positif mengenai penggunaan ChatGPT dalam tugas akademik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025