Journal of Islamic Economics and Finance
Vol. 1 No. 4 (2025): Mei

PENGARUH LIFESTYLE HEDONISME, PURCHASE INTENTION DAN PERILAKU KONSUMTIF TERHADAP PENGGUNAAN TRANSAKSI CASHLESS PADA GENERASI MILENIAL DAN GENERASI Z DI KOTA PALU

Muliani, Muliani (Unknown)
Ermawati, Ermawati (Unknown)
Pratamasyari, Dede Arseyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lifestyle hedonisme, purchase intention, dan perilaku konsumtif terhadap penggunaan transaksi cashless pada generasi Milenial dan Generasi Z. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif kuantitatif, menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang dipilih melalui teknik Disproportional Stratified Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lifestyle hedonisme, purchase intention, dan perilaku konsumtif berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan transaksi cashless baik secara parsial maupun simultan dengan koefisien determinasi sebesar 93,4%. Simpulan dari penelitian ini adalah ketiga variabel tersebut secara bersama-sama berkontribusi besar dalam meningkatkan kecenderungan penggunaan transaksi cashless di kalangan generasi Milenial dan Generasi Z. Kata Kunci: Lifestyle Hedonisme, Purchase Intention, Perilaku Konsumtif, Transaksi Cashless

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joieaf

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Journal of Islamic Economics and Finance is a national journal as a scientific study media results of research, thinking, and critical-analytical studies on research in the fields of Islamic economics, Islamic microfinance, Islamic philanthropy (zakat and waqf), Halal economy, Islamic Banking, ...