Abstrak Perkembangan teknologi digital mendorong perlunya inovasi dalam media pembelajaran yang mampu melatihkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Fisika sebagai salah satu mata pelajaran sains seringkali dianggap sulit karena membutuhkan pemahaman konsep yang mendalam dan analitis. Oleh karena itu, pengembangan media pembelajaran interaktif seperti Edibook pada materi listrik statis menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Edibook (Electrostatics Digital Book) berbasis digital pada materi listrik statis guna melatihkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) peserta didik. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model DDD-E yang mencakup empat tahapan: Decide, Design, Develop, dan Evaluate. Validitas media diuji dari aspek media, materi, dan bahasa dengan hasil rata-rata sebesar 93% yang dikategorikan sangat valid. Kepraktisan media diperoleh melalui angket respon siswa dan observasi keterlaksanaan pembelajaran, yang menunjukkan persentase rata-rata sebesar 91% dengan kriteria sangat praktis. Efektivitas media diukur melalui hasil pretest dan posttest, serta analisis N-Gain yang menunjukkan peningkatan hasil belajar pada sebagian besar siswa, dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,52 yang berada pada kategori sedang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Edibook efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep listrik statis sekaligus melatihkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Dengan demikian, media Edibook layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika yang valid, praktis, dan efektif dalam mendukung pengembangan HOTS siswa. Abstract The development of digital technology highlights the need for innovative learning media that can train students' higher-order thinking skills (HOTS). Physics, as one of the science subjects, is often seen as difficult because it requires deep and analytical understanding. Therefore, developing an interactive learning media such as Edibook for the topic of electrostatics offers a solution to improve learning quality and students’ high order thinking skills. This study aims to develop a digital-based learning media called Edibook (Electrostatics Digital Book) on the topic of electrostatics to support the development of HOTS among students. The method used is research and development (R&D) with the DDD-E model, which includes four stages: Decide, Design, Develop, and Evaluate. The validity of the media was tested in terms of media design, content, and language, with an average score of 93%, categorized as very valid. The practicality of the media was measured through student responses and teacher observations, showing an average score of 91%, which is considered very practical. The effectiveness was measured using pretest and posttest results and N-Gain analysis, which indicated that most students showed learning improvement with score 0,52 in the medium to high category. These results show that Edibook can improve students’ understanding of electrostatics and support the development of high order thinking skills. Thus, Edibook is a valid, practical, and effective learning media for teaching physics and enhancing HOTS.
Copyrights © 2025